Jumat, 07 Oktober 2011

Antara Seni dan Mistik

Saya termasuk orang yang gemar berburu benda pusaka. Benda pusaka di mata saya adalah benda yang mempunyai daya mistik dan juga mempunyai nilai seni. contohnya adalah Keris. Keris merupakan senjata tajam yang dahulunya digunakan untuk berperang atau juga dapat sebagai hiasan. Untuk saat ini keris digunakan sebagai sebuah hiasan seperti saat pernikahaan dan lain-lain.
Keris mempunyai nilai yang sangat tinggi dilihat dari ukiran yang ada dalam keris. Hal itu tak luput pula dari anggapan kalo keris mempunyai daya mistik yang sangat besar. Tidak hanya keris saja yang mempunyai nilai seni dan keindahan yang terkandung didalamnya. Ada juga benda-benda pusaka lain yang sangat indah bila dilihat. seperti batu-batu alam/batu akik yang bercorak macam-macam. Memang tidak semua batu itu memiliki kekuatan didalamnya akan tetapi kalo dilihat memang bagus karena tercipta motif yang alami.
Tidak semua orang menilai benda pusaka yang dikoleksi sebagai benda-benda pelindung. Ada sebagaian yang mengoleksi benda tersebut karena benda tersebut memiliki nilai seni yang tinggi. Wajar kalo harga atau lebih kerennya itu mahar dari benda pusaka tersebut memang mahal. disamping ada nilai seni juga mengandung energi yang katanya dapat melindungi pemiliknya. waullahualam....
Ketika seseorang memutuskan untuk memiliki benda pusaka, dia harus siap untuk merawatnya dengan baik. Dalam hal ini merawat buka berarti mengagung-agungkan. Sama halnya ketika kita memiliki sebuah benda berharga. Kita pasti akan merawat benda tersebut dengan sebaik-baiknya. Begitu pula dengan benda pusaka yang memiliki kekuatan ghaib didalamnya. baik itu perawatan yang dilakukan tiap selasa kliwon,malam jumat kliwon, maupun 1 suro.
Semua tergantung bagaimana kita menyikapi benda-benda tersebut. Baik dilihat dari seni yang terdapat didalamnya maupun dari kekuatan ghaib yang terkandung didalamnya. Akan tetapi perlu diingat,kalau semua kekuatan itu berasal dari Allah SWT.

Tidak ada komentar: